• International Accounting Week


    Foto panitia bersama pembicara International Seminar
                International Accounting Week (IAW)  merupakan salah satu program kerja Departemen Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Litbang HIMA FEB UMY) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan baik siswa/i SMA sederajat serta memberikan pemahaman di bidang ekonomi. International Accounting Week memiliki empat rangkaian acara yang terdiri dari (1) Accounting Olympiad, (2) Call for Paper, (3) Indonesian Debate Competition, dan (4) International Seminar.

    Pemenang Accounting Olympiad
                Accounting Olympiad merupakan Olimpiade Akuntansi tingkat nasional dengan sasaran pesertanya adalah siswa/ siswi SMA sederajat dan Mahasiswa Universitas sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26–27 Februari 2017 bertempat di ruang kelas gedung D dan Ruang Sidang AR. Fakhruddin B lantai 5 dengan jumlah peserta 10 team untuk tingkat SMA sederajat dan 24 team untuk tingkat Universitas sederajat. Pemenang tingkat SMA juara I diraih oleh team SMA N 1 Sukoharjo, Juara II diraih oleh team SMAN 1 Yogyakarta, dan Juara III diraih oleh team MAN 2 Tulungagung. Sementara pemenang untuk tingkat universitas juara I diraih oleh team Universitas Brawijaya, juara II diraih oleh team Universitas Gadjah Mada dan juara III diraih oleh team STIE Perbanas Surabaya.

    Call for Paper
                Call for Paper dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2017 bertempat di Ruang Mini Theater. Total peserta yang mengikuti sampai tahap presentasi adalah 4 team untuk tingkat SMA sederajat dan 6 team untuk tingkat Universitas sederajat. Pemenang untuk tingkat SMA juara I diraih oleh SMAN 1 Kendal, dan juara II diraih oleh SMAN 1 Kendal. Sementara untuk pemenang tingkat universitas juara I diraih oleh team Universitas Gadjah Mada, dan juara II diraih oleh team Universitas Brawijaya.

    Pemenang Indonesian Debate Competition
                Indonesian Debate Competition dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2017 bertempat di ruang kelas gedung E6 dan Ruang Sidang AR. Fakhruddin B lantai 5. Sasaran kegiatan ini hanya mahasiswa universitas sederajat. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 24 team berasal dari semua jurusan. Pemenang juara I diraih oleh team Universitas Sumatera Utara, juara II diraih oleh team Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, serta best speaker diraih oleh saudara Fadrian Dwiki Maulana dari Universitas Brawijaya.

                Rangkaian Internatioan Accounting Week  yang terakhir yaitu adalah International Seminar yang dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2017 bertempat di Ruang Sidang AR. Fakhruddin B lantai 5. Sasaran untuk seminar internasional adalah mahasiswa akuntansi, praktisi, dosen, dan masyarakat umum. Kegiatan ini terdiri dari 3 pembicara dari berbagai kalangan. Pembicara pertama oleh Sanityas Jukti Prawatiani Ak., MB.T dari Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak, pembicara kedua oleh Prof. Dr. Siti Normala Sheikh Obid dari International Islamic University Malaysia, pembicara ketiga oleh Hersona Bangun S.H., AK., BKP., CA dari Konsultan Pajak, serta di moderatori oleh R. Gati Reditya S.E., Akt., CA yang juga sebagai dosen akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara ini diikitu oleh 299 orang.




  • 0 komentar:

    Post a Comment