• RANGKAIAN ACARA INTERNATIONAL ACCOUNTING WEEK



    Accounting Olimpiade
    Accounting Olimpiade merupakan ajang bagi mahasiswa Akuntansi (PTN/PTS Jawa-Bali), serta siswa SMA/sederajat Se-Jawa dan Bali untuk menunjukkan intelligence pada bidang akuntansi. Accounting Olimpiade ini bertemakan “Mengatasi Masalah Secara Kritis, Logis, dan Sistematis”. Harapannya dengan tema tersebut bagi mahasiswa Akuntansi serta siswa SMA/sederajat Se-Jawa dan Bali mampu menumbuhkan semangat untuk menyelesaikan suatu masalah atau kasus yang sering terjadi di pada dunia akuntansi modern.
    Hadiyan Azka, Ibu Ietje Nazaruddin, dan M Ariful
    Sambutan Kaprodi Akuntansi 
    Accounting Olimpiade ini merupakan suatu perkompetisian dimana para peserta akan diberikan soal-soal tentang permasalahan akuntansi terbaru, kemudian para peserta akan mengerjakan soal Akuntansi yang terdiri dari tiga tahapan. Tahapan pertama, peserta mengerjakan soal yang terdiri atas 50 soal multiple choice. Bagi 10 peserta yang lolos tahap pertama, kemudian melanjutkan ke tahap II yaitu mengerjakan soal Essay berupa siklus akuntansi. Dari tahap II diambil tiga peserta yang terbaik untuk mengikuti tahap Final. Kemudian akan diambil juara I untuk SMA/SMK/MA serta juara I untuk tingkat universitas.

    Sambutan Ketua Panitia Bernard 
    Pemenang Accounting olimpiade tingkat SMA/MA ialah Rifka Nurul yang berasal dari MA Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta. Pemenang Accounting olimpiade tingkat SMK ialah Niki Rahmawati yang berasal dari SMK N 1 Klaten. Pemenang Accounting olimpiade tingkat mahasiswa ialah Riska Trisna Puspita yang berasal dari UHAMKA Yogyakarta. Ketiga pemenang mendapatkan hadiah berupa uang bimbingan dan tiket gratis untuk seminar internasional. [Azka]

    Sambutan Ketua HIMA FE UMY ARIFUL


     FOTO-FOTO KEGIATAN















    Poster
             Kompetisi poster merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa aktif Diploma dan S1 (PTN/PTS), serta siswa SMA/sederajat tingkat internasional/.  Diadakannya lomba poster ditujukan untuk meningkatkan kemampuan para peseta dalam kemampuan psikomotorik kreatifitas. Lomba poster kali ini bertemakan mengenai IFRS, karena tema untuk International Accounting Week membahas mengenai IFRS.
                    Pada ajang kompetisi ini nantinya para pengirim karya poster akan diseleksi dan dipilih satu karya terbaik dari masing-masing kategori berdasarkan penilaian yang sudah ditentukan.
    Sub tema lomba poster meliputi :
    1.    IFRS sebagai standar akuntansi global
    2.    Peran IFRS dalam mengatasi finance fraud
    3.    Dampak penggunaan IFRS bagi Indonesia
    Salah satu karya poster
    Pemilihan tema lomba poster tahun ini di dasari karena tidak banyak masyarakat bahkan para pelaku ekonomi mengetahui dengan pasti mengenai pemahaman International Financial Reporting Standard (IFRS). Berdasarkan minimnya pengetahuan yang dimiliki masyarakat, maka dapat menghambat pengimplementasian ilmu tersebut dalam menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi. Diadakannya kompetisi poster ini ditujukan agar masyarakat Indonesia dan para pelaku ekonomi mampu mengetahui, memahami dan menggunakan ilmu tersebut untuk menyelesaikan masalah yang khususnya berkaitan dengan penyajian laporan keuangan.
    Tantangan dalam ajang Poster yang diperkompetisikan, harapannya mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat dan juga para pelaku ekonomi untuk lebih siap dalam menghadapi persaingan antar pelaku ekonomi maupun masyarakat ASEAN lainnya.
    Pemenang ajang Poster Competition tahun ini ialah Burhan Dwi Anjasmara yang berasal dari SMKN 2 Wonosari. Pesan yang disampaikan oleh pemenang ialah Jadilah bangsa yang besar dengan dengan menggunakan senjata IFRS dalam menghadapi tantangan global.[Azka]


    Essay
    Lomba Essay Mahasiswa 
    Essay ini merupakan ajang kompetisi menulis bagi mahasiswa aktif S1 dan Diploma (PTN/PTS ), serta siswa SMA/sederajat tingkat internasional. Pada kompetisi ini nantinya para karya yang dikirim akan diseleksi dan disaring menjadi lima besar finalis. Selanjutnya, finalis tersebut akan  mempresentasikan karyanya di depan juri dan para finalis lainnya. Pada tahapan terakhir akan dilakukan tanya jawab antara presenter dengan para juri. Essay ini membahas 2 sub tema terkait permasalahan seputar perekonomian di Indonesia yang menggunakan IFRS. Adapun sub tema Essay tahun ini:

    1.    IFRS dalam menghadapi ASEAN Economic dalam pembangunan ekonomi nasional dan Global*
    2.    Konvergensi IFRS terhadap sektor perekonomian Indonesia*
    3.    Dampak AEC terhadap penggunaan IFRS*

    Ibu Caesar di saat foto bersama dengan finnalis
    Penyerahan Piala oleh Ibu Caesar
    Ibu Caesar disaat melakukan penilaian
    Pemenang lomba essay tahun ini ialah Chusnul Fatiha Chairan yang berasal dari UNHAS (Universitas Hassanuddin Makasar). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta patut berbangga karena hampir finalis 3 besar di dominasi oleh mahasiswa fakultas ekonomi yaitu Fadly Yashari Saumena yang berasal dari jurusan ekonomi dan Vebry Arbianti M dari jurusan akuntansi. Chusnul Fatiha Chairan menyampaikan pesan pada tulisan essaynya bahwa Munculnya sistem pelaporan baru berbasis UMKM seperti SAK-ETAP tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi gairah perekonomian nasional. Peningkatan daya saing UMKM Indonesia juga akan berpengaruh terhadap perekonomian kawasan. Hal ini mengindikasikan kesiapan UMKM Indonesia untuk merambah pasar Asia Tenggara dan bersaing dengan usaha sejenisnya dari negara lain. Bahkan jika diperlukan, Indonesia dapat saja menjadi leader atau negara percontohan untuk penerapan SAK-ETAP skala kawasan. [Azka]


  • 0 komentar:

    Post a Comment