• SEMARAK KEWIRAUSAHAAN

    HIMA FE UMY  untuk memeriahkan acara International Accounting Week, menyelenggarakan salah satu event menarik yaitu semarak kewirausahaan. Pada semarak kewirausahaan kali ini HIMA FE UMY mengangkat tema Young, Creative, and Optimist. Semarak kewirausahaan diikuti oleh puluhan stand yang terdiri dari mahasiswa akuntansi dan mahasiswa UMY lainnya. Harapannya dengan diadakannya semarak kewirausahaan mampu berperan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal wirausaha berperan dalam mengurangi tingkat kebergantungan terhadap orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, serta meningkatkan daya beli pelakunya. Secara eksternal, wirausaha berperan dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang disediakan oleh seorang wirausaha, tingkat pengangguran secara nasional menjadi berkurang. Menurunnya tingkat pengangguran berdampak terhadap naiknya pendapatan perkapita dan daya beli masyarakat, serta tumbuhnya perekonomian secara nasional. Selain itu, berdampak pula terhadap menurunnya tingkat kriminalitas yang biasanya ditimbulkan oleh karena tingginya pengangguran.
    Pada Semarak kewirausahaan HIMA FE UMY diadakan babak penjurian untuk menilai pemenang pada ajang tersebut. Penjurian dilakukan dengan kriteria seperti tema yaitu Young, creative, and optimist . Salah satu juri semarak kewirausahaan menyampaikan kepada peserta beberapa pesan untuk kedepannya seperti
    1.         Wirausaha harus memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.
    2.         Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
    3.         Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
    4.         Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.

    5.         Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.







  • 0 komentar:

    Post a Comment