• Accounting Goes to Company #11

    Kunjungan PT PLN Persero

    Accounting Goes to Company (AGC) #11 merupakan salah satu  program kerja dibawah Departemen Jaringan Komunikasi dan Informasi (Jarkomsi) HIMA FEB UMY. AGC #11 dilaksanakan pada tanggal 5-10 Februari 2017. Kegiatan ini berupa kunjungan ke 5 perusahaan yang ada di Surabaya dan Bali yang berlangsung selama tiga hari, dan pada hari terakhir kegiatan AGC adalah berkunjung ke tempat wisata yang ada di Bali.
    Peserta AGC #11 dengan tema Exploring the Real World for Your Real Future ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berjumlah 97 orang dan didampingi oleh 2 orang dosen pembimbing dari prodi Akuntansi FEB UMY.
    Perusahaan yang dikunjungi pada kegiatan AGC #11 yaitu PT Inez Cosmetic, PT Yakult Persada, PT PLN Persero Distribusi Jawa Timur, Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Surabaya dan PT Coca-Cola Amatil Indonesia. Sedangkan tempat wisata dan tempat pusat oleh-oleh yang dikunjungi yaitu Pantai Pandawa, Joger, Krisna serta Tanjung Benoa.
    Pada kunjungan PT Inez Cosmetic, peserta AGC mendapatkan kesempatan untuk melihat proses pengepakan kosmetik secara langsung, dan mendapatkan ilmu bisnis di sektor kosmetik, seperti bagaimana marketing, menentukan jumlah produksi, dan bagaimana cara mengetahui ekspektasi pelanggan yang lebih terfokuskan kepada bisnis sektor kosmetik ini.

    Kunjungan PT Yakult
    Kunjungan selanjutnya yaitu PT Yakult Persada Indonesia, peserta mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung proses produksi yakult dan proses pembuatan botol  yakult. Peserta AGC juga mendapatkan ilmu mengenai bagaimana proses pemasaran yakult di beberapa daerah yang ada di Indonesia.


    Selanjutnya  adalah kunjungan ke PT PLN Persero Distribusi Jawa Timur, peserta AGC mendapatkan banyak ilmu mengenai Akuntansi, seperti kita dapat mengetahui bagaimana cara menerapkan ERP pada PT PLN, bagaimana PT PLN mendapatkan modal, bagaimana pendapatan dan pengeluaran PT PLN, metode perhitungan dasar tarif listrik, bagaimana cara mengimplementasikan Good Government Governance dengan baik, dan ilmu tentang standar akuntansi untuk organisasi sektor privat.
    Selanjutnya adalah kunjungan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Surabaya. Pada kunjungan ini peserta AGC mendapatkan banyak ilmu tentang bagaimana cara berinvestasi dalam bentuk saham, bagaimana saham dapat berpengaruh terhadap ekonomi yang terjadi, bagaimana cara mengelola dan mengatasi isu-isu yang akan berdampak kepada harga saham, tips dan trik menjadi investor muda,dan sejarah bagaiman Bursa Efek ada di Indonesia.

    Pantai Pandawa, Bali
    Kunjungan terakhir yaitu PT Coca-Cola Amatil Indonesia, peserta diberi penjelasan bagaimana cara pengolahan limbah, bagaimana sistem marketing yang diimplementasikan, cara mengetahui ekspektasi pelanggan, bagaimana cara menjaga kualitas produk, dan peserta AGC juga mendapatkan kesempatan untuk berkeliling melihat proses produksi. 


    Setelah selesai kunjungan, para peserta berwisata ke beberapa pantai yang ada di Bali. Usai sudah perjalanan panjang kami yang sangat menyenangkan karena dapat menimba ilmu sambil berjalan-jalan. Kami berharap dengan diadakannya AGC dapat menambah pengetahuan dan pengalaman masyarakat akuntansi FEB UMY dan semoga AGC tahun depan lebih baik lagi serta dapat berkunjung ke perusahaan besar lainnya baik di dalam negeri mapoun di luar negeri.
  • 0 komentar:

    Post a Comment